“JATI DIRI”

Perjalanan hidup manusia sejatinya adalah perjalanan mencari jati diri. Ketika jati diri itu ditemukan, segala potensi terdalam manusia akan terbuka dan mampu mencapai titik yang sangat maksimal. Karena hidup adalah rangkaian pencarian jati diri, tapi terlebih lagi adalah rangkaian pencarian jalan terang kembali kepada Yang Maha Pencipta. Jati diri adalah indentitas hidup yang akan mengantar kita kembali.

image

Pertanyaanya adalah ;
* Apa itu identitas?
* Siapakah saya?
* Apakah sebuah identitas benar-benar diperlukan dalam manusia?
*  Mengapa indentitas penting?
* Adakah hubungannya identitas dengan keyakinan, nilai-nilai, makna dan juga perilaku kita sehari-hari?
* Jikalau identitas memiliki sebuah kekuatan, seperti apa bentuk kekuatan dari pada identitas tersebut?
* Apakah identitas bermanfaat bagi perjalanan hidup manusia?

Mungkin, anda semua sering mendengar pertanyaan ini, namun apakah semua orang benar-benar dan mampu menjawab pertanyaan yang sangat sederhana ini? Ini adalah pertanyaan terdalam ketika kita mampu menemukan siapa diri kita sebenarnya. Identitas menggambarkan dasar dari setiap perilaku yang kita jalankan sehari-hari. Tanpa indentitas, kehidupan manusia seperti perjalanan yang tidak ada tujuannya.

Ada yang menyebutkan bahwa jati diri itu adalah karakter dasar, Ada yang mengatakan itu adalah kamu sesungguhnya, ada juga yang mengatakan bahwa seseorang akan menemukan jati diri itu seiring semakin de-wasanya kita. Mungkin ucapan seperti ini ada benarnya juga, karena Jati diri sendiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sifat seseorang yang muncul dengan sendirinya sejak saat dari kecil, kemudian sifat bawaan dari kecil itu kadang juga terpengaruh dengan berbagai faktor seperti faktor lingkungan tempat dia dibesarkan. Jati diri adalah identitas seseorang yang jelas sehingga siapa pun tahu tentang orang tersebut. Sering kali orang memberikan definisi dari jati diri berdasarkan jawaban dari 5 buah pertanyaan ini:

1; Siapa manusia itu.?
2; Dari manakah manusia itu.?
3; Untuk apa manusia ada.?
4; Kemanakah manusia pergi.?
5; Apakah hakekat manusia.?

lima pertanyaan ini memerlukan pemikiran yang mendalam untuk dapat mengetahui jawaban yang benar. Tidak sedikit juga orang yang masih saja kebingungan dan akhirnya dia melupakan untuk menjawab lima pertanyaan ini. Mereka berfikir yang penting jalani saja hidup ini.

Sejatinya, manusia di dunia ini menjalankan banyak peran. Nah, dalam setiap peran itulah kita membutuhkan Identitas yang kuat sehingga kita mampu menghadapi batasan-batasan dan permasalahan yang kita dapatkan dalam perjalanan hidup ini. Identitas mempunyai pengaruh sangat besar dalam menjalankan hidup. Namun, banyak orang yang belum sadar dan paham akan pentingnya sebuah Identitas kehidupan.

Manusia adalah makhluk Allah yang terbuat dari tanah dan kemudian diberikan ruh oleh Allah. Kemudian manusia juga dilengkapi dengan sebuah potensi hati, akal dan juga jasad. Hati dan akal merupakan 2 potensi yang menyebabkan manusia mempunyai kedudukan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan makhluk Allah lainnya.

Ada 2 tujuan dalam penciptaan manusia yang saling berkaitan yaitu dijadikan khalifah dimuka bumi ini dan untuk beribadah kepada Allah swt. Tidak ada tujuan lain selain kedua hal tadi. Semua aktivitas dan segala tindakan yang kita lakukan semuanya harus bertujuan dalam rangka kedua peran kita ini. Sebagai khalifah dan juga sebagai hamba Allah.

Untuk itu, Allah telah memberi kita semua dengan berbagai potensi yaitu hati, akal, dan juga jasa yang cukup untuk memikul kedua tugas ini. Selama kita dapat memanfaatkan semua potensi yang kita punyai, kedua tugas ini pasti akan terlaksana dengan baik.

Kita bukan hanya berproses dari bayi menuju anak-anak. Bukan hanya anak-anak menuju remaja. Bukan hanya remaja menuju de-wasa. Bukan pula hanya de-wasa menuju tua. Seungguhnya, tujuan yang pasti bagi setiap manusia itu mencari jalan untuk kembali kepada Tuhan-Nya.

Kita tahu, karena kita melihat.. kita mengerti, karena kita tahu.. kita bisa merasakan, karena kita sudah mengerti.. Syukuri, hargailah dan jalanilah hidup ini sayang..  karena hidup, kita mendapatkan semuanya.. karena hidup, kita bisa segalanya.. Dan karena hidup, kita ada.

ketahuilah hidupmu.. Kenalilah hidupmu.. Milikilah hidupmu.. dan Rasakanlah hidupmu sayang……………………………..

Salam……..

Iklan