Meditasi dzikir adalah kegiatan relaksasi memusatkan hati dan fikiran pada kalimat dzikir dan doa yang diucapkan didalam hati dalam rangka mendekatkan diri pada Allah swt. 

Pengendalian napas yang dilakukan dalam kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya konsentrasi agar hati dan fikiran fokus pada kalimat dzikir dan doa yang dibaca.
Kalimat dzikir dan doa seluruhnya diucapkan didalam hati mengacu pada firman Allah dalam surat Al A’raaf ayat 205 :
Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Al A’raaf 205)
Pengaturan dan pengendalian napas dilakukan dengan menggunakan pernapasan segitiga, Tarik….Tahan….dan hembuskan secara perlahan lahan. 
Lama waktu yang diperlukan untuk menarik, menahan dan menghembuskan napas diusahakan sama . 
Jika menarik napas selama 10 hitungan maka menahan dan menghembuskan napas juga dilakukan selama 10 hitungan.
Dzikir dan doa bisa dilakukan dengan membaca kalimat Asmaulhusna atau ayat ayat Qur’an yang diiringi dengan doa atau dzikir tahlil, tahmid dan tasbih.
DZIKIR DAN DOA DENGAN ASMAULHUSNA
Dzikir dan doa menggunakan kalimat Asmaulhusna mengacu pada firman Allah dalam surat Al A’raaf ayat 180
Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Al A’raaf 180)
Setiap kalimat asmaulhusna yang dibaca diiringi dengan doa yang sesuai dengan kalimat asmaulhusan tersebut. 
Misalnya… 

– kalimat ya Razak diikuti dengan doa memohon rezeki. 
– Kalimat ya Ghaffar diiringi dengan doa memohon ampunan demikian seterusnya.
Sikap duduk bisa bermacam-macam dipilih yang sesuai dan dirasakan nyaman. 
Bisa bersila, duduk seperti duduk iftirash, atau duduk dikursi dengan relaks dan santai. Boleh juga dilakukan sambil berdiri.

Contoh Pelaksanaan dzikir dan doa dengan kalimat asmaulhusna , sebagai berikut:
Ambil sikap duduk bersila atau duduk relaks diatas kursi, tarik napas perlahan lahan sambil membaca kalimat
ya Ghaffar berulang ulang sampai paru paru penuh sempurna. 
Kemudian tahan napas selama yang bisa dilakukan sambil tetap membaca kalimat ya Ghaffar berulang ulang. 
Selanjutnya hembuskan napas perlahan-lahan sampai paru-paru kosong sempurna sambil membaca doa
Ya Allah ya Ghaffar , Engkau yang maha pengampun dan maha menerima taubat. Ampuni dosa kami yang telah lalu maupun yang akan datang , yang kami ketahui maupun tidak kami ketahui, yang kami sengaja maupun tidak. Terimal;ah taubat kami ya Allah hapuskan semua kesalahan kami ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang menerima taubat.
Selanjutnya ulangi menarik napas dan membaca kalimat asmaulhusan seperti semula . 
Ulangi kegiatan ini sampai beberapa kali.
Kalimat Asmaulhusna dan doa bisa diganti ganti sesuai kebutuhan . 

Berikut ini kami sampaikan beberapa kalimat dzikir dan doa menggunakan Asmaulhusna serta manfaat yang bisa didapat dari dzikir dan doa tersebut :
1. Ya Rahman….Ya Rahman … diikuti dengan doa :
” Ya Allah ya Rahman , bi rohmatika ya arhamarrohimin , irhamna …irhamna …irhamna 
( Ya Allah yang maha pengasih , dengan rahmat dan kasih sayangMu , kasihi kami, …kasihi kami…. kasihi kami ).
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan mudah mudahan Allah melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya bagi kita semua , bagi keluarga dan lingkungan kita . 
Terpelihara dari kebencian, kedengkian dan kemarahan diantara sesama kita didalam keluarga maupun lingkungan kita berada. 
Dipelihara dari kemelut dan keributan didalam rumah tangga dan lingkungan kita berada dirumah maupun tempat kita bekerja.
2. Ya Malik….Ya Malik…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Malik Engkaulah Raja yang berkuasa penuh diseluruh penjuru langit dan bumi , karuniai hamba dari sisiMu kerajaan (kekuasaan ) yang membawa rahmat dan berkah bagi kami dalam kehidupan dunia dan akhirat.”
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah sebagai penguasa alam semesta akan memberi kedudukan, kekuasaan atau kerajaan yang membawa rahmat dan berkah bagi kita dalam kehidupan dunia dan akhirat. 
Terpelihara dari kehinaan, kemiskinan, kemelaratan atau didzolimi oleh orang yang dzolim. 
Dimudahkan semua usaha nya untuk meraih kemenangan dan kesuksesan hidup didunia maupun akhirat.
3. Ya Quddus….Ya Quddus…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Quddus tolong hamba membersihkan diri hamba dari berbagai kotoran dan penyakit. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk dan tercela. Bersihkan hati dan fikiran hamba dari berbagai sifat buruk dan negatif. Ganti semua keburukan hamba dengan kebaikan dari sisiMu”
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan membersihkan tubuh kita dari berbagai kotoran dan penyakit yang dapat menjadikan kita lemah dan tidak berdaya. 
Diharapkan Allah juga membersihkan hati dan fikiran kita dari berbagai sifat buruk dan tercela serta sifat buruk dan negatif seperti Musyrik, Kufur, Sombong, Takabbur, Ria, Malas, Dusta, Pemarah, Khianat, Kikir, Pesimis, Putus asa, dan lain sebagainya. 
Diharapkan Allah akan mengganti semua sifat buruk itu dengan sifat baik seperti Iman, Takwa, Tawakkal, Ikhlas, Sabar, Jujur, Kasih sayang, Lemah lembut, Sopan santun, Dermawan, Optimis dsb.
4. Ya Salam….Ya Salam…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Salam, hamba mohon padamu keselamatan hidup didunia dan akhirat. Selamatkan hamba dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan hidup, dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan mati, dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan dialam kubur, dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan dihari berbangkit, dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan di padang mahsyar, dari kesukaran, kesempitan dan kegelapan dihari berhisab”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan memberikan kita keselamatan hidup didunia maupun akhirat. 
Diharapkan Allah akan menyelamatkan kita dari kesukaran , kesempitan dan kegelapan hidup, kesukaran, kesempitan dan kegelapan mati, kesukaran, kesempitan dan kegelapan dialam kubur, kesukaran, kesempitan dan kegelapan dihari berbangkit, kesukaran , kesempitan dan kegelapan di padang mahsyar, serta kesukaran, kesempitan dan kegelapan dihari berhisab.
Ini merupakan doa untuk keselamatan kita dimasa depan menembus ruang dan waktu yang tidak terbatas didunia maupun akhirat. 
Doa ini memberikan proteksi pada kita untuk kehidupan yang tidak terbatas dialam dunia maupun akhirat.
5. Ya Mukmin….Ya Mukmin…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Mukmin, Engkaulah yang memberi rasa aman nyaman dan tentram pada siapa saja yang Engkau kehendaki. Kami berlindung padaMu dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami takuti, dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami cemasi, dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami kuatiri, dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang kami temui dari bahaya dan kemudharatan apa apa yang menghampiri kami, yang terlihat maupun tak terlihat”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan memberi rasa aman, nyaman dan tentram dari berbagai ancaman dan bahaya yang muncul secara tidak terduga disekitar kita. 
Diharapkan Allah akan melindungi kita dari bahaya dan kemudaratan apa saja yang kita takuti, cemasi dan kuatiri . 
Diharapkan Ia juga melindungin kita dari bahaya dan kemudaratan apa saja yang kita temui atau menghampiri kita baik yang terlihat maupun tidak terlihat, yang kita ketahui maupun tidak kita ketahui.
Ini merupakan sistim proteksi otomatis setiap kita merasa takut, cemas atau kuatir dengan sesuatu maka sistim proteksi akan bekerja secara otomatis melindungi kita dari bahaya dan kemudaratan apa yang kita takuti atau cemasi itu. 
Sistim proteksi ini juga akan melindungi kita dari bahaya dan kemudaratan segala sesuatu yang kita jumpai secara tiba tiba, misalnya mendadak berjumpa binatang buas, orang yang sedang mengamuk, Kecelakaan pesawat atau kendaraan lain yang tiba tiba yang diketahui maupun tidak diketahui.
Sistim proteksi ini juga akan bekerja menghadapi berbagai bahaya yang datang mengancam, seperti ancaman pembunuhan, pencurian, perampokan, fitnah dan sihir dari orang tertentu, bahaya dan wabah virus serta penyakit menular yang berjangkit disuatu daerah.
6. Ya Jabbar…..Ya Jabbar…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Jabbar, Hamba mohon padaMu kekuatan , kesehatan dan kesegaran Jadikan tubuh ini tetap sehat kuat dan segar sepanjang hari, jadikan tubuh ini tetap sehat kuat dan segar sepanjang masa, jadikan tubuh ini tetap sehat kuat dan segar sepanjang waktu, jadikan tubuh ini tetap sehat , kuat dan segar sampai datang ajal yang Engkau tetapkan”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan memberi kekuatan, kesehatan dan kesegaran kepada tubuh kita sepanjang masa, sepanjang hari sepanjang waktu bahkan sampai saat datangnya ajal yang telah ditetapkan Allah. 
Badan yang kuat sehat dan segar adalah idaman setiap orang. Dengan badan yang sehat kuat dan segar banyak hal yang bisa kita kerjakan.
7. Ya Latif….Ya Latif …. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Latif , Engkau yang maha halus dan lembut. Sempurnakan fungsi setiap organ tubuh hamba dengan izin dan kehendakMu, sempurnakan komposisi berbagai zat didalam tubuh hamba dengan izin dan kehendakMu. Jadikan energi dan kekuatanMu mengalir dalam setiap sel tubuh hamba, jadikan energi dan kekuatanMu mengalir dalam pembuluh darah dan pembuluh syaraf hamba”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah yang Maha halus dan Maha lembut akan menyempurnakan fungsi setiap organ tubuh dan komposisi berbagai zat yang ada didalam tubuh kita. 

Dengan demikian diharapkan setiap organ tubuh seperti jantung, paru paru, lever, ginjal, pankreas bekerja dengan sempurna dan maksimal . 
Demikian pula komposisi zat penting seperti kadar gula, hb darah, adrenalin, asam urat dan lain sebagainya berada pada kondisi seimbang dan kadar yang tepat. 
Sehingga diharapkan tubuh tetap sehat dan fit terpelihara dari berbagai penyakit.
Disamping itu kita juga berharap agar Allah menyempurnakan aliran energi yang mengalir didalam pembuluh darah dan pembuluh syaraf kita. 
Sehingga didapat kinerja dan kesegaran tubuh yang maksimal .
8. Ya Nur…Ya Nur… diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Nur, hamba mohon padaMu jadikan cahaya dan kekuatanMu pada lisan hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu pada penglihatan hamba. jadikan cahaya dan kekuatanMu pada pendengaran hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu pada hati dan fikiran hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu dihadapan, dibelakang, dikiri dan kanan hamba, jadikan cahaya dan kekuatanMu menyelimuti seluruh tubuh hamba. jadikan cahaya dan kekuatanMu memancar dari setiap sel tubuh hamba”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan menjadikan cahaya dan kekuatanNya pada lisan, penglihatan, pendengaran, hati, fikiran, dihadapan, belakang, kiri dan kanan kita, menyelimuti seluruh tubuh kita dengan cahaya dan kekuatannya, memancarkan cahayaNya pada setiap sel tubuh kita. 
Dengan demikian diharapkan kita memiliki ucapan yang santun dan berwibawa. Penglihatan yang tajam dan pandangan yang luas, pendengaran yang peka, arif dan mudah memahami pembicaraan orang.
Hati dan fikiran yang jernih tidak mudah emosi dan berburuk sangka. 
Dimanapun berada selalu memberi kenyamanan dan ketentraman pada lingkungan, tempat orang meminta nasehat dan minta pendapat. 
Insha Allah cahaya nur ilahi di sekitar diri kita akan terlihat jelas di padang mahsyar kelak sebagaimana disebutkan Allah dalam surat al Hadit ayat 12 :
12. (yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.”
Hal yang sama dapat juga dilihat pada surat At Tahrim ayat 8.
9. Ya Alim …..Ya Alim…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya alim Engkau yang menguasai ilmu pengetahuan di langit dan bumi, ajari hamba berbagai ilmu yang membawa rahmat bagi kami dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ajari kami ilmu hikmah dari sisiMu , ajari kami ilmu hikmah dari Al Qur’anMu , angkat derajat kami dengan ilmu yang Kau ajarkan pada kami”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan mengajarkan berbagai ilmu yang membawa rahmat dan berkah bagi kita dalam kehidupan dunia dan akhirat. 
Selain itu juga mengajarkan berbagai ilmu hikmah dari sisiNya dan dari al Qur’an yang agung. 
Insha Allah orang yang berilmu dan memiliki pemahaman ilmu hikmah yang dalam dimudahkan Allah hidupnya dan mendapat kemuliaan hidup didunia maupun akhirat.
10. Ya Fattah….Ya Fattah…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Fattah, bukakan bagi kami pintu rahmat dari langit dan bumiMu, bukakan bagi kami pintu rahmat dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi, bukakan bagi kami pintu rezeki dari langit dan bumiMu,bukakan bagi kami pintu rezeki dari seluruh penjuru yang Engkau berkahi, bukakan bagi kami jalan menuju sukses dan kemenangan”
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan membukakan pintu rahmat bagi kita dari langit dan bumiNya serta dari seluruh penjuru yang di berkatiNya. 
Disamping itu juga kita harapkan Allah akan membukakan pintu rezeki, pintu sukses dan kemenangan, pintu syurga dan berbagai pintu kebaikan dari segala penjuru yang diberkahi.
11. Ya Mughni….Ya Mughni…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Mughni Engkau yang maha kaya dan maha terpuji , kepunyaan Engkau segala sesuatu yang ada dilangit dan bumi. Kami mohon padaMu cukupkan semua hajat dan kebutuhan kami dari sumber kekayaanMu yang tidak terhingga. Cukupkan kami dengan sumber kekayaanMu yang berlimpah dan tak terbatas”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diharapkan Allah akan mencukupkan semua hajat dan kebutuhan kita dari sumber kekayaanNya yang berlimpah dan tidak terhingga. 
Insha Allah kita akan terhindar dari kemiskinan, kepapaan, kebangkrutan dan kemelaratan. Hidup penuh kemudahan dan selalu dalam keadaan berkecukupan.
12. Ya Razak….Ya Razak…. diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Razak Engkaulah yang melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang Engkau kehendaki. Kami mohon padaMu lapangkan rezeki kami selapang lapangnya . Bukakan bagi kami pintu rezeki dari langit dan bumiMu. Bukakan bagi kami pintu rezeki dari segala penjuru yang Engkau berkati . Cukupkan semua hajat dan kebutuhan kami dengan rezeki yang kau berikan pada kami”.
Dengan membaca doa ini diharapkan Allah akan membukakan pintu rezeki bagi kita dari langit dan Bumi serta dari segala penjuru yang diberkahiNya. 
Terpelihara dari kemiskinan, kemelaratan dan kepapaan, hidup berkecukupan dan mendapaty karunia berlimpah dari sisiNya.
13. Ya Karim ….Ya Karim….diikuti dengan doa :
“Ya Allah ya Karim Engkau yang maha mulia, Kau beri kemuliaan pada siapa yang Engkau kehendaki dan Kau timpakan kehinaan pada siapa yang Engkau kehendaki. Beri hamba kemuliaan dari sisiMu, kemuliaan hidup didunia dan akhirat”.
Dengan membaca dzikir dan doa ini diiharapkan Allah akan memberi kemuliaan hidup didunia dan akhirat dan terpelihara dari kehinaan hidup didunia maupun akhirat. 
Insya Allah selalu dihormati dan dimuliakan serta disegani orang dimanapun berada, baik selama hidup maupun setelah wafat.
14. Ya Ghaffar….Ya Ghaffar…. diikuti doa :
“Ya Allah ya Ghaffar , Engkau yang maha pengampun dan maha menerima taubat. Ampuni dosa kami yang telah lalu maupun yang akan datang , yang kami ketahui maupun tidak kami ketahui, yang kami sengaja maupun tidak. Terimal;ah taubat kami ya Allah hapuskan semua kesalahan kami ya Allah. Engkaulah sebaik baik yang menerima taubat”.
Dalam surat Hud ayat 3 Allah memerintahkan kita untuk memperbanyak istighfar mudah mudahan Allah mengampuni semua dosa kita sehingga terbebas dari kesulitan ketika dihari berhisab kelak. 
Sekecil apapun dosa yang kita perbuat pasti akan dibalasi Allah dengan setimpal. Permohonan ampun yang dipanjatkan diharapkan akan menghapus semua catatan dosa yang telah kita perbuat sehingga tidak membebani kita dihari berhisab kelak.

DZIKIR DAN DOA DENGAN AYAT QUR’AN
Contoh dzikir dan doa dengan menggunakan ayat Qur’an sebagai berikut ini :
● Ketika menarik napas

Baca kalimat hasbalah :
Hasbiyallahu wanikmal wakil… nikmal maula wanikman nashir 
(Cukuplah Allah sebagai pelindungku…Dia sebaik baik pelindung dan sebaik baik penolong)
● Ketika menahan napas :

Baca ayat Qur’an pilihan misalnya surat Al A’raaf 205
Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Al A’raaf 205)
● Ketika menghembuskan napas :

Baca kalimat tahlil
Laa ilaha ilallahu wahdahu laa syariikalahu, lahu mulku walahulhamdu, yuhyii wayumiitu, wahuwa ala kulli syainkodir 
( Tidak ada Tuhan selain Allah ,Dia yang satu tidak ada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan dan bagiNya pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan dia maha kuasa atas segala sesuatu)
Selama membaca dzikir dan doa hati dan fikiran difokuskan pada maksud dan pemahaman kalimat dzikir dan ayat Qur’an yang dibaca.
Demikian seterusnya ketika menarik napas baca kalimat hasballah, 
Ketika menahan napas baca ayat Qur’an.. ~> bisa bervariasi umumnya 1 atau 2 ayat berupa nasehat, kalimat tauhid , atau peringatan bagi kita .
Ketika menghembuskan napas baca kalimat tahlil. 
Bacaan ketika menarik dan menghembuskan napas, tetap seperti itu.
Sedangkan variasi bacaan ayat Qur’an ketika menahan napas antara lain sebagai berikut.
Al Baqarah 152
152- Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku.
Al A’Raaf 205
205- Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.
Al A’Raaf 206
206- Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya lah mereka bersujud.
Al Hasyr 22
22- Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Al Hasyr 23
23- Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan.
Al Jumuah 8
Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (Jumu’ah 8)
Al Israak 30
30- Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
Ali Imran 160
Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal. (Ali Imran 160)
Ayat Qur’an yang dibaca didalam hati tersebut diharapkan dapat menambah keimanan dan ketakwaan, membangkitkan semangat dan motivasi untuk mendekatkan diri pada Allah swt. 

Anda bisa mencari sendiri dari Al Qur’an ayat ayat seperti diatas yang dapat meningkatkan Iman dan takwa kita masing masing.
Dengan metode ini diharapkan kita dapat berdzikir dengan tanpa lelah dan merasa bosan. 
Pengendalian dan pengaturan napas selama berdzikir dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kadar O2 (oxigen) didalam darah, sehingga semakin lama kita berdzikir badan terasa semakin segar.
Tanpa pengaturan dan pengendalian napas biasanya fikiran suka ngelantur dan tidak mudah berkonsentrasi pada dzikir dan doa yang dibaca. 
Disamping itu juga kita mudah diserang rasa kantuk dan bosan.
Meditasi Dzikir dan doa dengan menggunakan pola napas segitiga ini pada awalnya mungkin sulit dilakukan. 
Bagi mereka yang sudah pernah ikut latihan olah napas pada perguruan silat, Thaichi, waitankung, senam Tera, Satria Nusantara, Mahatma, Yoga dsb pola napas segitiga ini tidak menjadi masalah. 
Namun bagi yang belum pernah latihan olah napas mungkin pada awalnya akan banyak mengalami kesulitan. 
Untuk melatih pengaturan napas silahkan ikuti latihan olah napas pada perguruan mana saja yang betul betul murni pengolahan napas bukan ilmu kedigdayaan, tenaga dalam atau yang dicampur dengan ritual tertentu.

Salam persaudaraan

Iklan